APA SAJA ALAT DAN KOMPONEN YANG DIBUTHKAN PADA PROSES BONGKAR MUAT BATU BARA DI ANCHORAGE AREA?

Seperti yang kita ketahui dari pembahasan sebelumnya, pemuatan batu bara di anchorage area merupakan proses pemuatan yang dilakukan di laut lepas atau wilayah berlabuh kapal disekitar jetty atau pelabuhan. Maka dari itu diperlukan alat dan komponen tambahan untuk menunjang berlangsungnya pemuatan batu bara dari jetty ke kapal besar ( Vessel ).  

A.    Tug Boat





Tug Boat adalah jenis kapal yang dirancang khusus untuk menarik atau mendorong kapal lain. Pada proses pemuatan di anchorage area, tug boat digunakan untuk menarik barge dari jetty ke vessel. Fungsi lain dari tug boat adalah sebagai assist dalam penyandaran barge di vessel atau floating crane.

B.     Barge



Barge merupakan kapal untuk dimuat batubara yang tidak dilengkapi oleh mesin penggerak dan membutuhkan kapal penarik lain seperti tug boat.

C.     Floating Crane



Floating crane adalah jenis derek yang dipasang di atas kapal berukuran besar yang dirancang khusus untuk mengangkat muatan batu bara di Anchorage area dari barge ke vessel. Floating Crane sering digunakan sebagai alat pemuatan untuk Gearless Vessel.

D.    Conveyor



Conveyor adalahsistem mekanis yang digunakan untuk memindahkan batubara dari barge ke palka kapal secara terus-menerus. Sistem conveyor terdiri dari Escavator, sabuk, roller, rantai, dan sistem roda gigi.

E.     Bulldozer



Bulldozer Merupakan alat yang digunakan untuk pendorong batu bara pada barge agar dapat dijangkau oleh floating crane atau eksa dari conveyor. Selain itu, bulldozer juga digunakan untuk trimming atau meratakan batu bara di dalam palka.

F.      Loader



Loader memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dari bulldozer yaitu mengumpulkan batu bara di barge agar terjangkau oleh grip floating crane atau eksa dari conveyor, akan tetapi loader digunakan Ketika batu bara di barge tinggal sedikit dan tidak dapat di dorong oleh bulldozer.

G.    LCT




LCT merupakan kapal yang digunakan untuk mentransfer peralatan bongkar muat seperti fender, bulldozer, loader, mooring line, dan grip crane ke geared vessel.

Pembahasan di atas merupakan beberapa alat dan komponen tambahan yang dibutuhkan pada proses pemuatan batu bara di anchorage area, seluruh alat dan komponen disediakan oleh shipper melalui Perusahaan Bongkar Muat ( PBM ). 

Cukup sekian pembahasan kali ini, sampai bertemu di pembahasan selanjutnya


TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU UNIMODA, MULTIMODA, DAN INTERMODA TRANSPORTASI?

PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA

SIAPA SAJA YANG TERLIBAT DALAM PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA?