SIAPA SAJA YANG TERLIBAT DALAM PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA?


Pemuatan Batubara di anchorage area terdapat beberapa perusahaan yang terlibat. Perusahaan yang terlibat seperti Keagenan kapal, Perusahaan Bongkar Muat ( PBM ), dan Perusahaan Independent Surveyor & Laboratorium Batubara akan saling bekerja sama untuk memastikan proses pemuatan batu bara berjalan sesuai dengan kontrak yang disepakati. Berikut petugas yang berperan pada saat proses pemuatan berlangsung :

A.    Boarding Agent

Boarding Agent merupakan pihak dari Perusahaan keagenan kapal yang mewakili owner atau charter kapal, buyer, dan shipper pada perjanjian pemuatan. Boarding Agent memiliki tanggung jawab dalam pembuatan dokumen loading dan juga sebagai pihak ketiga dalam koordinasi antara stevedores dan pihak kapal serta bertanggung jawab dalam pemantauan seluruh kegiatan pemuatan di atas kapal

B.     Foreman/Loading Master

Foreman/Loading Master adalah pihak dari Perusahaan Bongkar Muat yang bertanggung jawab penuh atas pemuatan batubara dari barge ke vessel sesuai dengan loading Squence dan Stowage Plan dari pihak Kapal,

C.     Suveyor

Surveyor dalam pemuatan batu bara merupakan pihak dari buyer atau shipper yang bertugas untuk melakukan penghitungan muatan berdasarkan Draft Survey bersama chief officer. Surveyor bertugas melakukan Initial Draft Survey, Intermediate Draft Survey, dan Final draft Survey.

D.    Petugas Sample

Petugas sample merupakan anggota dari surveyor yang memiliki tanggung jawab dalam pengambilan sample batu bara di setiap tongkang dan palka yang nantinya akan dibawa ke laboratorium untuk menilai kualitas dai batu bara tersebut.

E.     Chief Officer

Chief officer adalah pihak crew kapal yang bertanggung jawab penuh dalam pembuatan stowage plan dan loading squance pemuatan batu bara. Chief Officer  bekerja sama dengan Foreman dan Surveyor untuk memastikan muatan sesuai dengan Stowage Plan yang dirancang. Selain itu, Chief Officer juga bertanggung jawab pada pengaturan ballas water pada saat pemuatan berlangsung.

F.      Stevedores

Stevedores merupakan pihak tenaga kerja bongkar muat yang membantu keberlangsungan pemuatan batu bara. Stevedores lebih kompleks dijumpai pada geared vessel, karena geared vessel memerlukan operator crane untuk mengoperasikan crane kapal pada pemuatan batu bara dari barge ke dalam palka.


TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU UNIMODA, MULTIMODA, DAN INTERMODA TRANSPORTASI?

PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA