Penjelasan Mengenai Mesin Bantu Sebuah Kapal Niaga
KAPAL NIAGA
Disini kita akan membahas sebuah mesin atau pesawat
bantu dari kapal Niaga. Seperti yang kita ketahui pengertiannya sendiri dari
Mesin bantu atau Pesawat Bantu kapal adalah keseluruhan permesinan yang berada
pada sebuah kapal termasuk seluruh pipa-pipa dan penataannya yang berfungsi
sebagai sarana penunjang pokok dalam pengoperasian kapal.
Berikut penjelasan terkait mesin bantu atau pesawat
bantu yang ada pada kapal Niaga :
1.
Kompresor Udara
(Air Compressor)
Fungsi utama udara kerja di atas kapal adalah
sebagai udara penjalan di kapal-kapal motor (motor ship), baik sebagai penjalan
mesin diesel induk maupun mesin diesel penggerak generator karena pada umumnya
mesin tersebut hanya dapat dihidupkan dengan menggunakan tenaga/tekanan udara.
Fungsi lainnya juga bisa sebagai pembersih, penggerak peralatan pneumatic
(kunci-kunci pneumatic, alat pengangkat pneumatic), pembersih, pengisi
tangki-tangki hydrophor, untuk penggunaan energi pada sistem, control pneumatic
dan lain lain.
Menurut funsinya kompresor antara lain :
a.
Kompresor Udara
Utama
b.
Kompresor Udara
Buatan
Menurut Kontruksinya :
a.
Kompresor Torak
b.
Kompresor
Sentrifugal
c.
Kompresor Ulir
2.
Pompa Air
Pendingin (Cooling Water Pump)
Pompa air pendingin kegunaannya ada 2 macam yaitu
pompa air tawar pendingin (tertutup) adalah pompa yang mensirkulasikan air
tawar pendingin dari motor ke cooler untuk selanjutnya kembali ke motor,
sedangkan pompa air laut pendingin (terbuka) adalah pompa yang memasukan air
laut ke dalam cooler yang selanjutnya mengalir kembali ke laut.
3.
Pompa Ballast
Kapal (Ballast Pump)
Yaitu pompa air laut yang digunakan untuk memompa
air laut ke dalam/ke luar tangki–tangki ballast kapal.
4.
Pompa Sanitari
(Sanitary Pump)
4.Sistem
sanitary atau bisa disebut domestic water system adalah sistem distribusi air
bersih (fresh water) di dalam kapal yang digunakan oleh ABK dalam memenuhi
kebutuhan akan air minum dan memasak, untuk mandi, mencuci dan lain-lain.
5.
Pompa Got (Bilge
Pump)
Fungsi pompa bilga yaitu untuk menampung air
kondesat/air got yang kemudian di buang keluar kapal. Bilge pump atau pompa got
merupakan salah satu pompa yang berfungsi untuk membuang air yang tercampur
minyak yang ada di got kamar mesin.
6.
Pompa Dinas Umum
Yaitu Pompa yang digunakan untuk menggantikan fungsi
pompa air laut pendingin, pompa ballast atau pompa got.
7.
Pompa Transfer
Bahan Bakar Kapal
Digunakan untuk memindahkan bahan bakar dari tangki
ke tangki lainnya dan untuk persiapan bunker dan untuk pengaturan stabilitas
kapal.
8.
Separator ayau
furifier
Yaitu pemisahan antara kotoran padat dan cairan yang
dikehendaki, maka istilah separasi diartikan sebagai pemisahan antara 2 macam
cairan, dalam hal ini antara air dan minyak lumas atau air dari bahan bakar.
Kalau di dalam proses separasi disiapkan alat sentrifuse yang berupa clarifier,
maka untuk kepentingan pemisahan air dari minyak atau bahan bakar atau
separasi, disediakan sentrifuse yang dinamakan purifier.
1.
Ketel Bantu
(Donkey Boiler)
Digunakan untuk menghasilkan uap air untuk
memanaskan bahan bakar sebelum masuk kedalam motor diesel. Uap tersebut dapat dipergunakan
untuk memasak, pemanas air mandi dan pemanas untuk air condition.
2.
Mesin Jangkar
atau Winch(Derek Jangkar)
Mesin jangkar adalah merupakan mesin derek jangkar
yang dipasang dikapal guna keperluan mengangkat dan mengulur jangkar dan rantai
jangkar melalui tabung jangkar (hawse pipe). Mesin jangkar pada saat ini banyak
menggunakan tenaga penggerak listrik. Mesin jangkar beragam sesuai dengan
penggeraknya , posisi poros dan pabrik pembuatanya.
Mesin jangkar dapat digerakan dengan menggunakan :
1) tenaga uap;
2) hidrolik; dan
3) tenaga listrik.
3.
Winch (Derek)
Fungsi alat ini adalah mengangkat dan menurunkan
suatu beban dengan cara menggunakan tali pada barrel atau pada warpend. Untuk
memenuhi fungsinya mesin bongkar muat harus mampu melaksanakan:
1) mengangkat beban pada kecepatan yang tepat;
2) memegang beban agar tidak melorot;
3) menurunkan beban dengan pengaturan;
4) menjaga tegangan silang;
5) menaruh beban secara tepat;
6) bertahan ketika kelebihan beban dan mengangkat
kembali setelah
dikurangi; dan
7) mempunyai percepatan yang baik.
4.
Generator
Generator adalah suatu mesin yang mengubah tenaga
mekanik menjadi tenaga listrik. Tenaga mekanis digunakan untuk memutar kumparan
kawat penghantaran dalam medan magnet ataupun sebaliknya memutar magnet diantara
kumparan kawat penghantar.
Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai mesin bantu
atau pesawat bantu yang ada pada kapal niaga. Bisa disimpulkan bahwa mesin
bantu dari beberapa kapal memang tidak jauh berbeda baik dari fungsi ataupun
cara kerjanya.
semoga bermanfaat sahabat maritim (:
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTerimakasih rekan.Sangat membantu penjelasannya
BalasHapusMantap
BalasHapusmantap rekan
BalasHapusSiip ntaps
BalasHapusKerennnn ๐๐ป
BalasHapusKerennn๐๐ป
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMantab mas๐
BalasHapus