Penjelasan Mengenai Mesin Bantu Sebuah Kapal Niaga





KAPAL NIAGA

Disini kita akan membahas sebuah mesin atau pesawat bantu dari kapal Niaga. Seperti yang kita ketahui pengertiannya sendiri dari Mesin bantu atau Pesawat Bantu kapal adalah keseluruhan permesinan yang berada pada sebuah kapal termasuk seluruh pipa-pipa dan penataannya yang berfungsi sebagai sarana penunjang pokok dalam pengoperasian kapal.

Berikut penjelasan terkait mesin bantu atau pesawat bantu yang ada pada kapal Niaga :

1.     Kompresor Udara (Air Compressor)

Fungsi utama udara kerja di atas kapal adalah sebagai udara penjalan di kapal-kapal motor (motor ship), baik sebagai penjalan mesin diesel induk maupun mesin diesel penggerak generator karena pada umumnya mesin tersebut hanya dapat dihidupkan dengan menggunakan tenaga/tekanan udara. Fungsi lainnya juga bisa sebagai pembersih, penggerak peralatan pneumatic (kunci-kunci pneumatic, alat pengangkat pneumatic), pembersih, pengisi tangki-tangki hydrophor, untuk penggunaan energi pada sistem, control pneumatic dan lain lain.

Menurut funsinya kompresor antara lain :

a.      Kompresor Udara Utama

b.     Kompresor Udara Buatan

Menurut Kontruksinya :

a.      Kompresor Torak

b.     Kompresor Sentrifugal

c.      Kompresor Ulir

2.     Pompa Air Pendingin (Cooling Water Pump)

Pompa air pendingin kegunaannya ada 2 macam yaitu pompa air tawar pendingin (tertutup) adalah pompa yang mensirkulasikan air tawar pendingin dari motor ke cooler untuk selanjutnya kembali ke motor, sedangkan pompa air laut pendingin (terbuka) adalah pompa yang memasukan air laut ke dalam cooler yang selanjutnya mengalir kembali ke laut.

3.     Pompa Ballast Kapal (Ballast Pump)

Yaitu pompa air laut yang digunakan untuk memompa air laut ke dalam/ke luar tangki–tangki ballast kapal.

4.     Pompa Sanitari (Sanitary Pump)

4.Sistem sanitary atau bisa disebut domestic water system adalah sistem distribusi air bersih (fresh water) di dalam kapal yang digunakan oleh ABK dalam memenuhi kebutuhan akan air minum dan memasak, untuk mandi, mencuci dan lain-lain.

5.     Pompa Got (Bilge Pump)

Fungsi pompa bilga yaitu untuk menampung air kondesat/air got yang kemudian di buang keluar kapal. Bilge pump atau pompa got merupakan salah satu pompa yang berfungsi untuk membuang air yang tercampur minyak yang ada di got kamar mesin.

6.     Pompa Dinas Umum

Yaitu Pompa yang digunakan untuk menggantikan fungsi pompa air laut pendingin, pompa ballast atau pompa got.

7.     Pompa Transfer Bahan Bakar Kapal

Digunakan untuk memindahkan bahan bakar dari tangki ke tangki lainnya dan untuk persiapan bunker dan untuk pengaturan stabilitas kapal.

8.     Separator ayau furifier

Yaitu pemisahan antara kotoran padat dan cairan yang dikehendaki, maka istilah separasi diartikan sebagai pemisahan antara 2 macam cairan, dalam hal ini antara air dan minyak lumas atau air dari bahan bakar. Kalau di dalam proses separasi disiapkan alat sentrifuse yang berupa clarifier, maka untuk kepentingan pemisahan air dari minyak atau bahan bakar atau separasi, disediakan sentrifuse yang dinamakan purifier.

1.     Ketel Bantu (Donkey Boiler)

Digunakan untuk menghasilkan uap air untuk memanaskan bahan bakar sebelum masuk kedalam motor diesel. Uap tersebut dapat dipergunakan untuk memasak, pemanas air mandi dan pemanas untuk air condition.

2.     Mesin Jangkar atau Winch(Derek Jangkar)

Mesin jangkar adalah merupakan mesin derek jangkar yang dipasang dikapal guna keperluan mengangkat dan mengulur jangkar dan rantai jangkar melalui tabung jangkar (hawse pipe). Mesin jangkar pada saat ini banyak menggunakan tenaga penggerak listrik. Mesin jangkar beragam sesuai dengan penggeraknya , posisi poros dan pabrik pembuatanya.

Mesin jangkar dapat digerakan dengan menggunakan :

1) tenaga uap;

2) hidrolik; dan

3) tenaga listrik.

3.     Winch (Derek)

Fungsi alat ini adalah mengangkat dan menurunkan suatu beban dengan cara menggunakan tali pada barrel atau pada warpend. Untuk memenuhi fungsinya mesin bongkar muat harus mampu melaksanakan:

1) mengangkat beban pada kecepatan yang tepat;

2) memegang beban agar tidak melorot;

3) menurunkan beban dengan pengaturan;

4) menjaga tegangan silang;

5) menaruh beban secara tepat;

6) bertahan ketika kelebihan beban dan mengangkat kembali setelah

dikurangi; dan

7) mempunyai percepatan yang baik.

 

4.     Generator

Generator adalah suatu mesin yang mengubah tenaga mekanik menjadi tenaga listrik. Tenaga mekanis digunakan untuk memutar kumparan kawat penghantaran dalam medan magnet ataupun sebaliknya memutar magnet diantara kumparan kawat penghantar.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai mesin bantu atau pesawat bantu yang ada pada kapal niaga. Bisa disimpulkan bahwa mesin bantu dari beberapa kapal memang tidak jauh berbeda baik dari fungsi ataupun cara kerjanya.

 semoga bermanfaat sahabat maritim (:








Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU UNIMODA, MULTIMODA, DAN INTERMODA TRANSPORTASI?

PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA

SIAPA SAJA YANG TERLIBAT DALAM PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA?