PROSES PEMUATAN BATUBARA PADA GEARED VESSEL DI ANCHORAGE AREA

 

Setelah seluruh persiapan pemuatan selesai, mari kita kupas bagaimana proses pemuatan batubara pada Geared Vessel. Apa itu Geared Vessel? Geared Vessel adalah kapal kargo yang dilengkapi dengan derek atau crane sendiri sehingga tidak memerlukan alat bantu tambahan seperti Floating Crane atau Conveyor dari pihak pelabuhan.

Lalu Bagaimana Proses Pemuatan Batubara pada Geared Vessel?

1.     Proses awal pemuatan batubara setelah pelaksanaan checking dokumen dan initial draft survey adalah menunggu seluruh stevedores on board dan kapal LCT yang membawa seluruh loading equipment tiba di loading point area.

2.     Proses kedua stevedores on board dan kapal LCT tiba, foreman atau biasanya port captain akan menjadi koordinator untuk sandarnya LCT ke sisi kanan atau kiri lambung kapal (LCT a long side at port side or starboard side) untuk mentransfer seluruh equipment pemuatan seperti bulldozer, loader, fender, mooring line, bahan bakar, dan grip crane (opsional).

3.     Setelah seluruh loading equipment selesai ditransfer dari kapal LCT ke Geared Vessel foreman akan mengkoordinir seluruh stevedores untuk melakukan pemasangan mooring line sebagai head line, fore breast, dan fore spring yang akan dipakai untuk penyandaran tongkang.

4.     Setelah proses pemasangan loading equipment selesai, foreman atau loading master akan berkoordinasi dengan chief officer untuk perencanaan pemuatan. Chief officer akan memberikan loading squence atau loading plan dan stowage plan kepada foreman atau loading master.

5.     Proses selanjutnya adalah proses penyandaran barge (tongkang) yang akan dipandu oleh foreman atau port captain. Setelah proses penyandaran selesai, foreman atau loading master akan memulai pemuatan batubara ke dalam palka sesuai dengan loading squence dan stowage plan yang diberikan oleh chief officer.

6.     Sebelum muatan benar-benar sesuai dengan stowage plan akan dilakukan intermediate draft survey oleh surveyor bersama chief officer untuk memastikan seberapa banyak batubara yang sudah termuat di dalam palka kapal agar tidak terjadi kelebihan muatan ataupun masalah lain dan memudahkan chief officer untuk mencari last trim atau palka terakhir yang akan di isi.

7.     Proses terakhir adalah final draft survey yaitu pengecekan terakhir yang dilakukan oleh surveyor dan chief officer untuk memastikan bahwa muatan sudah sesuai dengan stowage plan.

Setiap pelabuhan atau setiap anchore area memiliki prosedur dan langkah pemuatan yang berbeda namun kurang lebih prosesnya adalah seperti yang sudah dijelaskan di atas. Lalu bagaimana dengan proses pemuatan pada Gearless Vessel? Nantikan pada pembahasan selanjutnya…..

 

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU UNIMODA, MULTIMODA, DAN INTERMODA TRANSPORTASI?

PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA

SIAPA SAJA YANG TERLIBAT DALAM PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA?