BAGAIMANA PROSES PEMBAYARAN BAGI PENGGUNA JASA KEAGENAN KAPAL?

 



Perusahaan keagenan kapal merupakan usaha yang menjual jasa untuk melayani dan mengurus segala kepentingan dan kebutuhan kapal, ketika ada sebuah produk atau jasa yang dijual maka akan timbul proses transaksi pembayaran antara pemilik kapal sebagai pengguna jasa kepada perusahaan keagenan kapal. Dalam usaha keagenan kapal dikenal system penjualan jasa pelayanan dengan cara kredit, sehingga akan menimbulkan putang perusahaan. Timbulnya piutang berarti akan timbul pula penagihan dikemudian hari, dalam jasa keagenan kapal dikenal dengan Disbursement.

Apa itu Disbursement dalam keagenan kapal?

Disbursement dalam usaha keagenan kapal merupakan pembayaran yang harus dilakukan oleh principal kepada perusahaan penyedia jasa keagenan kapal. Piutang perusahaan keagenan kapal berasal dari disbursement. Maka dari itu agent kapal bertanggung jawab atas segala pengeluaran kapal milik principal yang dilayani selama berada di pelabuhan, setelah itu baru agent melakukan penagihan pengeluaran kepada principal dalam bentuk disbursement. Sebelum principal menggunakan jasa pelayanan kapal, agent akan memberikan Estimated Price Disbursement Agent (EPDA). EPDA merupakan penawaran harga yang berisi perkiraan rincian biaya yang akan dikeluarkan selama di pelabuhan.

Lalu  apa saja yang menjadi perhitungan biaya selama kapal di pelabuhan?

Setiap kapal memiliki kebutuhan yang berbeda, maka dari itu biaya yang dikeluarkan dibagi menjadi dua yaitu fix cost (biaya pokok) dan biaya kenavigasian.

A.    Biaya Pokok

Biaya pokok merupakan biaya yang pasti ada dalam proses mengageni kapal. Yang termasuk dalam biaya pokok antara lain adalah :

·       Harbor Dues atau biaya yang dihitung mulai dari kapal datang dan labuh dipelabuhan atau total waktu kapal yang berlabuh dipelabuhan dan dihitung berdasarkan ETMAL (1 ETMAL = 24 JAM).

·       Berth Dues atau biaya yang dikeluarkan mulai kapal sandar hingga lepas tali dari dermaga pelabuhan.

·       Tuggae Dues merupakan biaya yang dikeluarkan untuk kapal tunda yang membantu kapal sandar dan lepas tali dari dermaga.

B.    Biaya Kenavigasian

Biaya kenavigasian merupakan biaya yang berkaitan dengan sarana dan prasarana dalam membantu navigasi pelayaran dengan tujuan keselamatan pelayaran dan laut sekiat pelabuhan. Biaya navigasi antara lain sebagai berikut :

·       Telekomunikasi pelayaran

·       Hidrooceanografi

·       Alur dan perlintasan

·       Pemanduan

·       Penanganan kerangka kapal

·       Salvage dan pekerjaan bawah air

 

 

CUKUP SEKIAN PEMBAHASAN KALI INI

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU UNIMODA, MULTIMODA, DAN INTERMODA TRANSPORTASI?

PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA

SIAPA SAJA YANG TERLIBAT DALAM PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA?