BENTUK PELAYANAN KAPAL DI AREA PELABUHAN

 


Proses pelayanan kapal dimulai ketika kapal sudah memasuki area pelabuhan baik saat di kolam pelabuhan, area dermaga sampai dengan kapal akan melanjutkan perjalanan ke pelabuhan selanjutnya.  Di area pelabuhan proses pelayanan yang akan dilalui adalah labuh, pandu, tunda, dan tambat.

Apa Itu Jasa Labuh, Pandu, Tunda dan Tambat?

A.    Jasa Labuh



Jasa labuh merupakan proses pelayanan di area pelabuhan yang diberikan pada kapal yang baru memasuki area pelabuhan dengan tujuan kapal dapat berlabuh dengan aman seperti tidak terjadi tabrakan dengan kapal lain dan kandas kapal dengan memastikan kedalaman air. Pada daerah labuh kapal dapat menunggu proses pelayanan selanjutnya.

B.    Jasa Pandu



Pada proses ini merupakan kegiatan dimana pihak pandu pelabuhan membantu Nahkoda pada proses navigasi dengan memberi informasi tentang keadaan perairan pelabuhan  menuju dermaga atau kolam pelabuhan untuk menjaga keselamatan  kapal, muatan kapal dan lingkungan pelabuhan.  

C.    Jasa Tunda


Kegiatan Jasa Tunda merupakan proses mengawal dan menjaga kapal dengan mendorong, menggandeng dan menarik kapal menuju dermaga untuk bertambat menggunakan kapal tunda.

D.    Jasa Tambat



Jasa Tambat merupakan proses penyandaran kapal dari kolam pelabuhan menuju fasilitas dermaga untuk  melakukan kegiatan bongkar muat dengan lancar dan tertib.

 

CUKUP SEKIAN PEMBAHASAN KALI INI

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU UNIMODA, MULTIMODA, DAN INTERMODA TRANSPORTASI?

PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA

SIAPA SAJA YANG TERLIBAT DALAM PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA?