Ruang Lingkup Keagenan Kapal
A.
Ship’s Service
Kegiatan utama dalam usaha keagenan kapal yaitu
berkaitan dengan memberikan pelayanan kepada kapal sebaik mungkin. Kegiatan
pelayanan terhadap kapal diantaranya seperti :
1)
Mengurus dan
mengatur proses clearance in dan out dari suatu pelabuhan.
2)
Melayani dan
memenuhi semua kebutuhan kapal seperti bahan bakar, perbekalan, reparasi dan
perawatan kapal, dan kepentingan terhadap
crew kapal.
B.
Cargo Handling
Selain mengurus pelayanan dan penanganan terhadap
kapal usaha keagenan kapal juga meliputi muatan kapal. Kegiatan dalam melayani
muatan yaitu :
1)
Melakukan
pemberitahuan kepada shipper, consignee, dan instansi terkait
proses keberangkatan dan kedatangan kapal.
2)
Mengurus dan
menyelesaiakan dokumen muatan kepada pihak syahbandar maupun kepabeanan.
3)
Melakukan
pembayaran biaya pelabuhan dari uang tambang yang diterima
4)
Memberitahukan
batas penerimaan dan penyerahan barang kepada shipper dan consignee
5)
Melakukan kerja
sama dengan perwira kapal, pengusaha pergudangan, dan instansi lainnya untuk
penerbitan dokumen muatan kapal seperti Bill
of Loading.
C.
Canvassing
Canvassing atau marketing
Service merupakan kegiatan pemenuhan
kebutuhan serta kepuasan costomer. Pada
kegiatan ini meliputi proses promosi jasa yang ditawarkan kepada para pengguna
jasa keagenan kapal. Usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh Agen agar lebih
optimal ketika promosi kepada pengguna jasa keagenan seperti :
1)
Melakukan dan
menjaga relasi yang baik dengan pemilik kapal (owner), Principal, dan pemilik barang agar pengguna jasa tidak
beralih pada perusahaan keagenan kapal lain.
2)
Promosi
kelebihan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan kepada pemilik kapal, principal, dan pemilik barang dengan
memberi feedback yang baik .
TERIMA KASIH
SEMOGA BERMANFAAT
Komentar
Posting Komentar