Ruang Lingkup Keagenan Kapal

 


A.    Ship’s Service

Kegiatan utama dalam usaha keagenan kapal yaitu berkaitan dengan memberikan pelayanan kepada kapal sebaik mungkin. Kegiatan pelayanan terhadap kapal diantaranya seperti :

1)     Mengurus dan mengatur proses clearance in dan out dari suatu pelabuhan.

2)     Melayani dan memenuhi semua kebutuhan kapal seperti bahan bakar, perbekalan, reparasi dan perawatan kapal, dan kepentingan terhadap crew kapal.

B.    Cargo Handling

Selain mengurus pelayanan dan penanganan terhadap kapal usaha keagenan kapal juga meliputi muatan kapal. Kegiatan dalam melayani muatan yaitu :

1)     Melakukan pemberitahuan  kepada shipper, consignee, dan instansi terkait proses keberangkatan dan kedatangan kapal.

2)     Mengurus dan menyelesaiakan dokumen muatan kepada pihak syahbandar maupun kepabeanan.

3)     Melakukan pembayaran biaya pelabuhan dari uang tambang yang diterima

4)     Memberitahukan batas penerimaan dan penyerahan barang kepada shipper dan consignee

5)     Melakukan kerja sama dengan perwira kapal, pengusaha pergudangan, dan instansi lainnya untuk penerbitan dokumen muatan kapal seperti Bill of Loading.

C.    Canvassing

Canvassing atau marketing Service  merupakan kegiatan pemenuhan kebutuhan serta kepuasan costomer. Pada kegiatan ini meliputi proses promosi jasa yang ditawarkan kepada para pengguna jasa keagenan kapal. Usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh Agen agar lebih optimal ketika promosi kepada pengguna jasa keagenan seperti :

1)     Melakukan dan menjaga relasi yang baik dengan pemilik kapal (owner), Principal, dan pemilik barang agar pengguna jasa tidak beralih pada perusahaan keagenan kapal lain.

2)     Promosi kelebihan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan kepada pemilik kapal, principal, dan pemilik barang dengan memberi feedback yang baik .

  

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU UNIMODA, MULTIMODA, DAN INTERMODA TRANSPORTASI?

PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA

SIAPA SAJA YANG TERLIBAT DALAM PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA?