APA KENDALA YANG MENYEBABKAN KETIDAKLANCARAN PROSES PENAGIHAN DISBURSEMENT?

 

Proses penagihan disbursement sudah dibahas secara singkat pada publikasi sebelumnya. Namun, dalam menjalankan proses kegiatan penagihan disbursement terkadang ada beberapa kendala yang menyebabkan ketidaklancaran penagihan atau bahkan keterlambatan pembayaran dari principal. Berikut 2 kendala penyebab ketidaklancaran proses penagihan disbursement.

A.    Hilangnya Bukti Pembayaran Pengeluaran Kapal.

Bukti pembayaran adalah bagian yang sangat penting pada proses penagihan disbursement karena tanpa adanya bukti pembayaran principal tidak akan bersedia membayar biaya yang dikeluarkan agent.  Bagian operasional perusahaan keagenan saat mengageni kapal di pelabuhan memiliki tanggung jawab dan pekerjaan yang banyak, sehingga terkadang terjadi keteledoran terutama dalam menyimpan bukti pembayaran pengeluaran kapal. Dari hilangnya bukti pembayaran tersebut menjadi penyebab terhambatnya penyusunan tagihan (Invoice).

B.    Jumlah SDM Pada Perusahaan Keagenan Kapal Yang Kurang Memadai

Pada proses keagenan kapal terjadi beberapa kegiatan seperti pengurusan dokumen dan perizinan. Selain itu, pada proses penagihan disbursement sendiri juga terdapat proses pencatatan, penyusunan invoice, dan penagihan terhadap principal, belum lagi kepadatan pada pelabuhan tertentu dikarenakan kapal yang akan melakukan aktivitas clearance lebih dari satu. Banyaknya proses dan tidak hanya satu kapal yang diageni berbanding terbalik dengan SDM pada perusahaan keagenan kapal. Tanggung jawab dari setiap kegiatan dan semua kapal yang memerlukan jasa pelayanan hanya dilakukan oleh satu karyawan saja. Hal tersebut merupakan kendala yang mengakibatkan kurangnya efisiensi dan efektifitas kegiatan operasional pelabuhan.

Dua faktor tersebut menjadi kendala ketidaklancaran proses disbursement sehingga akan berakibat juga pada keterlambatan principal dalam melunasi tagihan disbursement

 

SEKIAN PEMBAHASAN KALI INI

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU UNIMODA, MULTIMODA, DAN INTERMODA TRANSPORTASI?

PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA

SIAPA SAJA YANG TERLIBAT DALAM PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA?