BAGAIMANA PROSES PENAGIHAN DISBURSEMENT KEAGENAN KAPAL?

 




Setelah penjelasan pada publikasi sebelumnya, maka kita harus tau bagaimana alur penagihan disbursement itu sendiri. Pada umumnya principal sebagai pengguna jasa akan menunjuk perusahaan keagenan kapal untuk membantu pelayanan proses clearance dan pemenuhan kebutuhan kapalnya. Berikut proses penagihan disbursement jasa keagenan kapal terhadap principal di perusahaan pelayaran :

1.     Langkah pertama principal akan melakukan permintaan penawaran harga (EPDA) dari perusahaan keagenan kapal sehingga akan muncul perjanjian kesepakatan kerja sama antara principal dan agent. Dari perjanjian tersebut akan timbul piutang yang akan dibayar oleh principal kepada agent dalam jangka waktu yang telah disepakati.

2.     Setelah principal menyepakati harga yang ditentukan, pihak agent melakukan pemberitahuan mengenai syarat dan ketentuan dalam pemberian piutang.

Adapun syarat-syarat yang harus diketahui oleh principal yaitu :

·       Principal harus memberikan advance (uang muka) minimal 50% dari total pengeluaran kapal selama berada di pelabuhan.

·       Uang muka diberikan sebelum kapal tiba atau sandar di pelabuhan

·       Tenggat pembayaran disbursement maksimal 1 bulan terhitung mulai tanggal penagihan

·       Principal melakukan pendaftaran dengan mengirimkan surat penunjukan agent (Letter of Appointment) kepada perusahaan keagenan kapal yang akan digunakan jasanya

·       Untuk mendaftarkan kapal ke system inaportnet principal mengirimkan letter of appointment lewat email perusahaan

·       Letter of appointment asli dikirimkan lewat kurir

3.     Selanjutnya untuk mengatasi kapal agar tidak menunggu antrian sandar di pelabuhan agent mendaftarkan kapal ke system inaportnet sebagai syarat permintaan pelayanan clearance.

4.     Selanjutnya agent melakukan pembayaran jasa pelayanan kepelabuhan ke Pelindo pelabuhan setempat melalui aplikasi sebelum kapal tiba di pelabuhan. Pembayaran tersebut meliputi pengeluaran kapal selama di pelabuhan seperti fix cost dan biaya kenavigasian.

5.     Kebutuhan kapal dibayarkan oleh agent saat berada di pelabuhan dan menjalankan aktivitasnya. Rincian pembayaran selama kapal berada dipelabuan akan dilaporkan kepada bagian accounting and finance perusahaan keagenan  sebagai dasar penyusunan invoice.

6.     Setelah kapal meninggalkan pelabuhan tahap berikutnya bagian accounting and finance perusahaan keagenan kapal melakukan rekapitulasi kwitansi pembayaran dari operasional agent untuk membuat invoice penagihan disbursement yang ditujukan kepada pihak principal.

7.     Setelah invoice selesai, finance and accounting perusahaan keagenan kapal melakukan penagihan ke pihak principal melalui email. Kemudian principal wajib melunasi penagihan disbursement tersebut dalam jangka waktu 1 bulan setelah penagihan.

 

System pembayaran biaya keagenan kapal pada setiap perusahaan memang memiliki beberapa perbedaan, namun pada umumnya seperti penjelasan di atas.

 

CUKUP SEKIAN PEMBAHASAN KALI INI

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU UNIMODA, MULTIMODA, DAN INTERMODA TRANSPORTASI?

PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA

SIAPA SAJA YANG TERLIBAT DALAM PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA?