INAPORTNET?

 


Pelabuhan merupakan salah satu tempat penunjang pergerakan perekonomian negara, tidak dapat dipungkiri kegiatan dan aktivitas yang ada di pelabuhan sangat padat, maka dari itu dibutuhkan system sarana pendukung aktivitas kepelabuhan guna pengintegrasian dalam proses pelayanan kapal dan barang baik proses kegiatan dalam pelabuhan itu sendiri ataupun proses perizinan dengan instansi terkait. Atas dasar itu Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Perhubungan Laut membuat system layanan secara elektronik berbasis internet yang bernama Inaportnet.

Apa itu Inaportnet?

Inaportnet adalah sebuah system elektronik berbasis internet untuk mengintegrasikan pelayanan kapal dan barang yang meliputi proses clearance dan perpanjangan masa tambat kapal di pelabuhan. Selain pengintegrasian proses pelayanan di pelabuhan inaportnet juga terhubung dengan Indonesia National Single Window (INSW) dan instansi pemerintah terkait kegiatan kepelabuhan seperti  Bea Cukai, Imigrasi, Badan Karantina Hewan dan Tumbuhan.

Lalu Apa Fungsi Utama Inaportnet Pada Kegiatan Usaha Keagenan Kapal?

1.     Pengurusan Dokumen dan Perizinan kapal

Dalam hal ini agent akan menggunakan system Inaportnet untuk menginput data dan penyertaan dokumen kapal serta melakukan perizinan ke intstansi terkait. Dari penginputan data berupa Laporan Keberangkatan Kapal (LKK) dan Laporan Kedatangan dan Keberangkatan Kapal (LK3). LKK yang telah terverifikasi akan terespon di Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI) untuk penerbitan billing yang harus dibayarkan agent atas biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Labuh, Uang Rambu, Vessel Traffic System (VTS), Juga biaya Tambat, Pandu, Tunda, dan persewaan alat lainnya.

2.     Pengurusan Port Clearance

Pada proses clearance kapal dibutuhkan port clearance atau Surat Persetujuan Berlayar (SPB) untuk memastikan kapal, awak kapal, dan muatannya yang akan meninggalkan pelabuhan telah memenuhi persyaratan administrasi dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim. 

CUKUP SEKIAN PEMBAHASAN KALI INI

TERIMA KASIH

SEMOGA BERMANFAAT

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU UNIMODA, MULTIMODA, DAN INTERMODA TRANSPORTASI?

PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA

SIAPA SAJA YANG TERLIBAT DALAM PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA?