KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PENGGUNAAN SYSTEM INAPORTNET

 


Penggunaan system inaportnet pada proses pelayanan kapal dan barang merupakan salah satu usaha negara Indonesia dalam mengikuti perkembangan teknologi. Ada banyak fitur dan fungsi inaportnet yang bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pelayanan kapal ataupun barang di pelabuhan, namun dalam penerapan di lapangan inaportnet masih memiliki kelebihan dan kekurangan.

KELEBIHAN

1.     Peningkatan dalam akses informasi dari pengguna jasa

2.     Berkontribusi secara langsung dalam peningkatan daya saing perusahaan, contohnya penggunaan Electronic Data Interchange antar (EDI) perusahaan.

3.     Efisiensi waktu dan biaya bagi pengguna jasa

4.     Mengurangi kesalahan dalam input data dan dokumen dalam pelayanan kapal

5.     Mempermudah monitoring pengguna jasa layanan Inaportnet

KEKURANGAN

1.     Pada kondisi koneksi jaringan internet yang tidak memungkinkan, inaportnet sering mengalami down system yang mengharuskan pelaksanaan pelayanan secara manual.

2.     Prosedur aplikasi yang rumit dan berbelit-belit

3.     Server internal inaportnet yang masih lemah sehingga menimbulkan gangguan jaringan bahkan aplikasi tidak dapat diakses

4.     Jika terjadi permasalahan pada system inaportnet tidak bisa diselesaikan oleh petugas setempat akan tetapi harus melalui petugas pusat yang mengakibatkan proses penyelesaian yang lebih lama.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU UNIMODA, MULTIMODA, DAN INTERMODA TRANSPORTASI?

PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA

SIAPA SAJA YANG TERLIBAT DALAM PEMUATAN BATUBARA DI ANCHORAGE AREA?